Selasa, 16 Februari 2016

PDK MK HW



PEDOMAN DASAR KEPANDUAN DAN METODE KEPANDUAN HW
(PDK MK HW)


Fungsi PDK MK HW adalah sebagai Landasan kegiatan dalam meresapkan jiwa islami,Norma kehidupan dalam kegiatan-latihan-bermain, Landasan arah pembinaan perbaikan budi pekerti, Pedoman arah ber-fastabiqul khairat.     

Prinsip Dasar Kepanduan adalah untuk menanamkan dalam Pengamalan akidah islamiyah, Pembentukan dan pembinaan akhlak mulia menurut ajaran islam, Pengamalan kode kehormatan pandu

Metode Kepanduan adalah sebagai Pemberdayaan anak didik lewat sistem beregu, Kegiatan dilakukan di alam terbuka, Pendidikan dengan metode yang menarik, menyenangkan dan menantang, Penggunaan sistem kenaikan tingkat dan tanda kecakapan, dan Sistem satuan dan kegiatan terpisah antara pandu putera dan pandu puteri. 

Kepanduan adalah Sistem pendidikan di luar keluarga dan sekolah bagi anak, remaja serta  pemuda, dalam rangka membentuk warga masyarakat, yang mandiri dan berakhlak mulia, lewat metode yang menarik, menyenangkan dan menantang. Pada umumnya dilakukan di alam terbuka.

Pandu HW adalah Anggota gerakan kepanduan HW. Seorang pandu adalah warga masyarakat  berkualitas yang selalu menghayati dan mengamalkan undang-undang pandu karena selalu diikrarkan dalam pelatihan dan acara resmi lainnya. Undang-undang pandu tersebut berisi: Pandu dapat dipercaya, setia, melakukan perintah dg ikhlas, sabar, menyayangi makhluk, hemat & cermat, bermuka manis dan suci dalam perkataan, pikiran serta perbuatan.
Pandu sejati adalah mereka yang berjiwa pandu, berkepribadian pandu & berprilaku pandu. Dari ciri-ciri inilah orang mengenal seseorang sebagai pandu; bukan sekedar dari seragamnya. 

TUJUAN :
Terwujudnya  pribadi  muslim  sebagai kader ummat & bangsa

SASARAN
Menyiapkan / membina anak  pelatih  remaja  :  kuat aqidah dan mental fisiknya, beriptek dan akhlaq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar